04 Agustus 2019 22:01:07
Ditulis oleh Pemerintah Desa Rayung

Pagelaran Wayang Kulit Meriahkan Acara Sedekah Bumi Dusun Giwang

rayung-senori.desa.id - Tradisi sedekah bumi masih dipelihara dengan baik di Dusun Giwang Desa Rayung, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban.  Hal itu,bisa dilihat dengan digelarnya sedekah bumi setiap tahun di Dusun Giwang Desa Rayung.

Sedekah bumi atau yang biasa disebut manganan diselenggarakan pada hari Minggu(04/08/2019) itu dilaksanakan kenduri di Sendang (kemantren) Dusun Giwang. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh masyarakat Dusun Giwang, Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama dan Seluruh jajaran perangkat desa Rayung serta undangan yang lainya. 

Para warga datang berbondong bondong ke sendang(kemantren) Dusun Giwang dengan membawa tumpeng yang disertai ayam panggang dan berbagai kue khas desa yakni rengginang, kucur, tape serta jajanan lainya. 

Mereka melaksanakan tahlil dan berdoa bersama memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat panen yang melimpah tahun ini. 

Malam harinya digelar wayang kulit semalam suntuk dengan Dalang Ki Gondrong dari Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Acara digelar di halaman Rumah Kepala Dusun Giwang,Wanto. 

Dalam sambutanya Kepala Desa Rayung menyampaikan bahwa dengan pagelaran wayang kulit tersebut warga menjadi berkumpul bersilaturrahmi dan guyub rukun dalam ridho dan berkah dari Alllah SWT. 

Ditambahkan saat ini wayang kulit menjadi media untuk silaturrahmi dan menjadi perekat persatuan dan lesatuan bangsa. Dengan nonton barengasyarakat bisa berdampingan. Dengan kerukunan maka kita bisa bersama sama membangun desa. (aboe/sdr)

 

 


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus