01 Juni 2020 18:38:20
Ditulis oleh Pemerintah Desa Rayung

Lumbung Pangan Amal Mandiri Warnai Kampung Tangguh Semeru DI Desa Rayung

 

Desa Rayung – Kampung Tangguh menjadi bukti keseriusan Kepolisian dalam melindungi masyarakat dari penularan virus corona. Karena, kampung tangguh merupakan cara menyadarkan masyarakat agar tetap disiplin dan mematuhi aturan protokol kesehatan di era hidup baru masa Covid-19. Sehingga diharapkan Polri bersama masyarakat dapat bergotong-royong untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Utamanya, agar wabah virus corona tidak meluas lagi.

Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Percepatan Penanganan covid-19 di Kabupaten Tuban untuk yang kedua kalinya meresmikan Kampung Tangguh Semeru di dusun Kedungkebo, Desa Rayung Kecamatan, Senori pada Sabtu (30/05/2020).Kampung ini dipersiapkan untuk menghadapi tatanan normal baru.

Kampung Tangguh Semeru yang kedua didirikan di Dusun Kedungkebo ini tepatnya di Masjid Jami’ Al-Isti’anah di Dusun Kedungkebo, Desa Rayung, Kec. Senori-Tuban. Kampung Tangguh ini ditempatkan ditengah masyarakat yang berada di sebuah dusun yang dipersiapkan sebagai percontohan desa lainnya dan sebagai Kampung Tangguh kedua di Kabupaten Tuban dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

Peresmian dihadiri Ketua DPRD Kab. Tuban H.Miyadi, S.Ag. MM., Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, SIK., SH. MH, dan Dandim 0811 Tuban Letkol Inf. Viliala Romadhon, SE. Mi.Pol.. Yang mana Kampung ini dipersiapkan untuk menghadapi tatanan normal baru.

Ketua DPRD Tuban H. Miyadi mengatakan, “Kampung Tangguh ini melibatkan semua unsur, mulai dari perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, relawan, TNI dan Polri. Mereka bergotong royong bersama untuk menjaga desanya dalam memutus mata rantai Covid 19,” ungkapnya.

Di Kampung Tangguh ini sudah tersedia lumbung pangan, tempat isolasi, petugas kesehatan, aparat keamanan serta lumbung amal berupa kebutuhan bahan dapur seperti sayur mayur sampai bumbu dapur dan dilengkapi pula dapur umum.

Dalam peresmian Kampung Tangguh Semeru Juga diperagakan evakuasi penjemputan pasien yang terpapar covid-19 dan simulasi sebagai pemulsaran tata cara merawat jenazah pasien covid-19. “Adapun sumber dana Kampung Tangguh berasal dari Dana Desa dan sumbangan sukarela dari warga baik berupa jimpitan beras maupun jimpitan uang yang dikumpulkan warga dan setiap hari diambil oleh relawan,” papar Kepala Desa Rayung, Sutomo, S.H kala ditemui di lokasi.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, “Kampung Tangguh Semeru perlu dibentuk untuk mendisiplinkan masyarakat mengingat Pemerintah pusat akan menerapkan tatanan normal baru atau _new normal_ dalam menyikapi perkembangan Covid-19 di era baru,” ucap ruruh. “Tentu, hanya masyarakat yang tangguh yang dapat menjalani kehidupan baru atau new normal di masa Covid-19.” Imbuhnya.

 

 

 

 

Sumber : https://netpitu.com/baca/31/05/2020/lumbung-amal-mandiri-warnai-kampung-tangguh-semeru-kab-tuban/



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus